Apa yg di maksud dengan Interplanetary Magnetic Field? | Magnet Bumi

By Stasiun Geofisika Alor 28 Agu 2019, 12:05:46 WIB

Apa yg di maksud dengan Interplanetary Magnetic Field? | Magnet Bumi

Interplanetary Magnetic Field | Magnet Bumi
Medan magnet antar planet (Interplanetary Magnetic Field, IMF) adalah bagian dari medan magnet Matahari yang terbawa ke ruang antarplanet oleh angin matahari . Garis-garis medan magnet antarplanet dikatakan "beku" oleh plasma angin matahari. Karena rotasi Matahari, IMF, seperti angin matahari, bergerak ke luar dalam pola spiral yang sering dibandingkan dengan pola air yang disemprotkan dari alat penyiram rumput yang berputar. IMF berasal dari daerah-daerah di Matahari di mana medan magnet "terbuka" - yaitu, di mana garis-garis medan yang muncul dari satu daerah tidak kembali ke daerah konjugasi tetapi meluas secara virtual tanpa batas ke luar angkasa. Arah (polaritas, indera) bidang di belahan bumi utara Matahari berlawanan dengan bidang di belahan bumi selatan. (Polaritas terbalik dengan setiap siklus matahari.)
Lembar heliosphere saat ini

Di sepanjang bidang ekuator magnetik Matahari, garis-garis medan terbuka yang diarahkan berlawanan berjalan sejajar satu sama lain dan dipisahkan oleh lembaran arus tipis yang dikenal sebagai "lembaran arus antarplanet" atau "lembaran arus heliosfer" (lihat gambar di atas). Lembaran saat ini dimiringkan (karena offset antara sumbu rotasi dan magnetik Matahari) dan melengkung (karena momen quadrupole di medan magnet surya) dan dengan demikian memiliki struktur bergelombang, "rok balerina" saat meluas ke antarplanet spasi (lihat gambar di sebelah kiri). Karena Bumi kadang-kadang terletak di atas dan kadang-kadang di bawah lembar yang berputar, ia mengalami perubahan polaritas IMF secara berkala dan berkala. Periode-periode polaritas positif (jauh dari Matahari) dan negatif (menuju Matahari) ini dikenal sebagai sektor magnetik .

IMF Magnet Bumi

IMF Bz

IMF adalah kuantitas vektor dengan tiga komponen arah, dua di antaranya (Bx dan By) berorientasi paralel dengan ekliptika. Komponen ketiga - Bz - tegak lurus terhadap ekliptika dan diciptakan oleh gelombang dan gangguan lainnya pada angin matahari. Ketika IMF dan garis-garis medan geomagnetik berorientasi berlawanan atau "antiparalel" satu sama lain, mereka dapat "bergabung" atau "menyambung kembali," menghasilkan transfer energi, massa, dan momentum dari aliran angin matahari ke magnetosfer . Kopling terkuat - -dengan efek magnetosfer yang paling dramatis-- terjadi ketika komponen Bz berorientasi ke selatan.

IMF adalah bidang yang lemah, dengan kekuatan bervariasi di dekat Bumi dari 1 hingga 37 nT, dengan nilai rata-rata ~ 6 nT.

 

Sumber : http://pluto.space.swri.edu